Selasa, 02 Oktober 2012

Organisasi IAIFI


IAIFI


Ikatan Ahli Ilmu Faal Indonesia, disingkat IAIFI (dibaca I-A-I-F-I) dan dalam bahasa Inggris disebut sebagai The Indonesian Physiological Society. Nama Perkumpulan ini dimaksud dapat mencerminkan wadah bagi penanganan yang bersungguh-sungguh atas masalah-masalah yang berkaitan dengan Ilmu Faal oleh mereka yang benar-benar mendalami Ilmu Faal. Yang dimaksud dengan Ilmu Faal (Fisiologi) adalah ilmu-ilmu yang mempelajari mekanisme kehidupan manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan, secara menyeluruh maupun pada tingkat sel, pada keadaan wajar (normal) maupun pada keadaan terpengaruh oleh faktor-faktor dari luar dan dari dalam.



A z a s 
Ikatan berdasarkan Pancasila sebagai satu-satunya azas untuk bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.



T u j u a n
Ikatan bertujuan mengembangkan dan memanfaatkan Ilmu Faal dalam arti yang seluas-luasnya dalam rangka menunjang pembangunan Nasional seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.  Perkumpulan mengembangkan dan menerapkan Ilmu Faal sebagai Ilmu Terapan dalam mencapai kesempurnaan kesehatan, kecerdasan, prestasi, produktivitas, kesejahteraan dan kemakmuran Bangsa Indonesia melalui sumber daya manusia, sumber daya alam hayati. Untuk mencapai kebahagiaan hidup, perlu diusahakan pelestarian kemampuan lingkungan hidup yang sesuai dan seimbang.


U s a h a
Untuk mencapai maka dilakukan usaha-usaha:

  1. Menyiapkan kemampuan dengan sarana pendukung untuk memasuki kawasan baru IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dalam era globalisasi.
  2. Kegiatan-kegiatan penelitian baik secara mandiri dalam kelompok sendiri, maupun kerjasama dengan berbagai disiplin ilmu.
  3. Kegiatan-kegiatan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pengetahuan anggota, baik formal maupun informal.
  4. Menunjang secara langsung pengembangan Ilmu Terapan.
  5. Penyelenggaraan seminar, symposium, lokakarya, diskusi dan lain sebagainya dalam rangka pengembangan Ilmu Faal.
  6. Kegiatan-kegiatan lain untuk mencapai tujuan.